Resources & Guides
Articles

5 Keuntungan Menggunakan Nano dan Micro Influencer Dalam Marketing

Vanessa
August 29, 2022
5 Keuntungan Menggunakan Nano dan Micro-Influencer Dalam Marketing!

Nano dan micro-influencer marketing merupakan pemasaran influencer dalam skala yang lebih kecil. Brand bekerjasama dengan influencer yang memiliki jumlah follower antara 1.000 hingga 10.000 di media sosial. Mereka biasanya terkenal di bidang khusus yang mereka minati dan memiliki tingkat keterlibatan yang sangat tinggi dari audiens mereka. Brand dapat memperluas jangkauan mereka di niche yang lebih spesifik dengan menggandeng nano dan micro-influencer.

Baca juga: Influencer Marketing sebagai Tren 2022 No. 1 yang Diminati Marketer

Nano dan Micro-influencer adalah pengguna media sosial tetapi bukan seperti selebriti, pakar, atau tokoh masyarakat pada umumnya. Mereka adalah seseorang yang bekerja atau berspesialisasi dalam bidang tertentu dan sering berbagi konten di media sosial tentang minat mereka. Tidak seperti "influencer" pada umumnya, nano dan micro-influencer memiliki jumlah pengikut yang lebih sedikit, biasanya ribuan atau puluhan ribu, tetapi engagement mereka dengan audiens sangatlah tinggi.

Source: Freepik

Keuntungan Nano dan Micro-Influencer

Terdapat beberapa alasan untuk percaya bahwa nano dan micro-influencer berhasil mendapatkan hasil yang lebih baik untuk brand Anda.

  1. Nano dan micro-influencer memiliki engagement yang lebih baik.

Markerly mempelajari engagement Instagram dan menemukan tren yang mengejutkan. Saat jumlah pengikut influencer meningkat, jumlah like dan comment dari pengikut mereka berkurang.

Dalam analisisnya, Markerly menentukan hal-hal berikut:

  • Pengguna Instagram dengan kurang dari 1.000 pengikut menghasilkan like sebanyak 8%
  • Pengguna dengan 1.000-10.000 pengikut memperoleh like pada tingkat 4%
  • Pengguna dengan 10.000-100.000 pengikut mencapai tingkat like 2,4%
  • Pengguna dengan 1-10 juta pengikut memperoleh like hanya 1,7% sejauh ini

Perincian grafis Markerly tentang bagaimana like dan comment menurun seiring bertambahnya pengikut.

Baca juga: Influencer Nano, Micro, Macro, Mega? Apa Sih Bedanya?

Source: Markerly

Markerly merekomendasikan brand menggunakan nano dan micro-influencer dengan pengikut Instagram dalam kisaran 1.000-10.000. Dengan nano dan micro-influencer, brand dapat mencapai tingkat engagement yang lebih tinggi di antara audiens yang cukup besar. Dalam sebuah studi baru-baru ini, nano dan micro-influencer terpelajar memiliki keahlian berbincang 22,2x lebih banyak daripada pengguna Instagram pada umumnya. Sebagian besar karena mereka bersemangat dan berpengetahuan luas tentang bidang khusus yang mereka minati.

  1. Memiliki audiens yang lebih spesifik untuk ditargetkan.

Markerly juga mencatat bahwa nano dan micro-influencer memiliki basis pengikut yang lebih bertarget daripada influencer dengan jumlah pengikut ratusan ribu dan jutaan. Misal, jika sebuah brand pakaian bekerjasama dengan seorang selebritas dengan jutaan pengikut di Instagram, selebritas tersebut dapat mencapai jangkauan besar, tetapi sebagian besar dari pengikutnya belum tentu tertarik dengan fashion. Sebaliknya, jika brand pakaian terhubung dengan 100 nano influencer dengan 1.000 pengikut masing-masing, mereka dapat terhubung ke audiens yang lebih sedikit tetapi jauh lebih tertarget dan relevan.

Baca juga: Tips Jitu Memilih Influencer untuk Bisnis Anda

  1. Harga lebih terjangkau.

Nano dan micro-influencer biasanya lebih terjangkau daripada selebriti atau influencer dengan jutaan pengikut. Selebriti terkadang mengenakan biaya yang lebih tinggi pada setiap konten yang dibuat untuk mempromosikan suatu produk. Sebaliknya, 97% nano dan micro-influencer mengenakan biaya yang lebih terjangkau. Memang, brand biasanya bekerja dengan lebih dari satu nano dan micro-influencer untuk memaksimalkan jangkauan, tetapi bahkan 100 nano dan  micro-influencer masih berpotensi lebih murah daripada satu selebritas.

  1. Nano dan micro-influencer lebih authentic

Nano dan micro-influencer adalah orang-orang nyata, jadi konten Instagram mereka juga nyata. Pengguna Instagram dengan beberapa ribu pengikut cenderung mem-posting konten mereka sendiri, membalas komentar, dan berperilaku lebih authentic daripada selebritas dengan manajer media sosial. Jika nano dan micro-influencer mengunggah promosi mengenai brand yang bekerjasama dengan mereka, pengikut mereka akan lebih cenderung meng-klik untuk mempelajari lebih lanjut tentang brand yang mereka post.

  1. Nano dan micro mudah didapatkan

Pengguna media sosial saat ini sangatlah banyak, tentu Anda akan dengan mudah menemukan hingga mendapatkan nano dan micro influencer. Namun, Anda tetap harus me-riset terlebih dahulu influencer yang ingin Anda gunakan. Jangan sampai Anda menggunakan nano dan micro influencer yang memiliki niche berbanding terbalik dengan brand Anda.

Jika Anda kesulitan untuk mendapatkan nano dan micro influencer, Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di platform influencer marketing seperti Partipost. Di platform ini, Anda bisa memilih berbagai jenis influencer mulai dari nano, micro, hingga macro. Anda tidak perlu repot-repot lagi mencari, menyeleksi, dan menjalankan campaign sendiri. Melalui platform tersebut, Anda bisa dengan mudah menjalankan campaign dengan sangat efektif.

Baca juga: 9 Langkah Sukses Menjalankan Influencer Marketing Campaign, Anda Perlu Tahu!

Partipost sebagai influencer marketing platform siap membantu Anda menjalankan campaign dengan sangat efektif. Partipost merupakan salah satu influencer marketing platform yang bisa membantu jalannya campaign Anda. Terdapat 700.000+ influencer nano, micro, hingga macro dengan berbagai niche dan terdapat 2500+ brand yang bergabung di dalamnya. Ingin mendapatkan nano dan micro influencer dengan mudah? Partipost jawabannya! Gabung sekarang!?�

Contact Us
Vanessa