Resources & Guides
Articles

5 Perbedaan KOL dan Influencer yang Mungkin Belum Anda Tahu!

Vanessa
January 14, 2023
5 Perbedaan KOL dan Influencer yang Mungkin Belum Anda Tahu!

Pada era serba digital seperti sekarang ini, semakin banyak masyarakat yang menggunakan aplikasi media sosial. Penggunaan media sosial ini cukup beragam, seperti membangun sebuah komunitas, berkomunikasi dengan orang lain, hingga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang.

Menghasilkan uang dari media sosial bukan menjadi hal yang baru lagi. Saat ini, sudah ada banyak Influencer yang memiliki platform dengan jumlah pengikut yang banyak. Melalui platform-nya tersebut, Influencer mampu menghasilkan uang dari berbagai aktivitas, seperti promosi produk atau brand.

Baca Juga: Apa itu Influencer? Pilihan Karier Kekinian Para Generasi Z

Berbicara mengenai Influencer, Anda pasti pernah mendengar istilah KOL atau Key Opinion Leader. Banyak yang mengira bahwa KOL memiliki arti yang sama dengan Influencer. Padahal, KOL dan Influencer memiliki makna yang berbeda. Kira-kira apa perbedaan KOL dan Influencer? Yuk, cari tahu perbedaannya berikut ini.

  1. Media yang digunakan
Photo by Sara Kurfe?? on Unsplash

Perbedaan pertama dan yang paling utama dari keduanya adalah media yang digunakan. Influencer biasanya berfokus pada media sosial secara online melalui berbagai platform, seperti Instagram, Twitter, TikTok, dan berbagai platform online lainnya.

Sedangkan untuk Key Opinion Leader (KOL) merupakan seorang ahli di bidang tertentu di dunia nyata sehingga komunikasi secara langsung, tetapi ada juga KOL yang berkomunikasi melalui platform online media sosial.

  1. Cara Berkomunikasi dengan Audiens
Photo by Miguel Henriques on Unsplash

Perbedaan KOL dan Influencer selanjutnya adalah cara berkomunikasi dengan audiens mereka. Untuk KOL, mereka cenderung berkomunikasi secara satu arah, sedangkan Influencer dua arah.

Influencer memang dituntut untuk memiliki kemampuan untuk bisa membangun komunikasi yang menarik secara dua arah dengan audiens. Sedangkan KOL, tidak begitu memiliki kemampuan berkomunikasi dua arah. Namun, ada beberapa KOL yang mampu berkomunikasi dua arah dengan baik.

  1. Kredibilitas
Photo by Alexandre Pellaes on Unsplash

Perbedaan lain dari KOL dan Influencer adalah kredibilitas. KOL memiliki keahlian, kemampuan, pengetahuan, bahkan profesinya di sebuah bidang membuat KOL memiliki kredibilitas yang lebih.

Sedangkan Influencer, dinilai kredibilitasnya melalui identifikasi personal yang ditampilkan oleh Influencer itu sendiri di akun media sosialnya sehingga para audiens memiliki preferensi pribadi.

Baca Juga: Ingin Konten Kamu Menjadi Viral? Simak 5 Tips Berikut!

  1. Monetisasi Jasa
Photo by Kenny Eliason on Unsplash

Dalam hal monetisasi jasa, KOL dan Influencer memiliki perbedaan. Biasanya KOL tidak menerima imbalan apapun saat merekomendasikan sebuah brand atau produk yang berkaitan dengan profesi mereka.

Sedangkan, Influencer mendapatkan imbalan sesuai dengan kontrak antara Influencer dan pengguna jasanya. Influencer akan mempromosikan jasa atau produknya melalui platform yang mereka miliki. Namun, tidak jarang Influencer mempromosikan secara gratis.

  1. Motivasi Audiens
Photo by Isaac FIgueroa on Unsplash

Terakhir, perbedaan dari KOL dan Influencer itu sendiri adalah motivasi yang diberikan kepada audiens yang mereka miliki. Seorang Influencer biasanya memiliki pengikut yang penting untuk mereka berikan informasi dan untuk diikuti sehingga kerap memberikan rekomendasi produk atau layanan untuk mendapatkan keuntungan.

Sedangkan, KOL tidak mencari keuntungan dari hal seperti itu. Justru KOL menganggap bahwa hal tersebut adalah pelengkap kegiatan sehari-hari mereka. Maka dari itu, kredibilitas dari seorang KOL tak didasari dari jumlah pengikut, melainkan berdasarkan pengetahuan yang mereka miliki.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Influencer

Kira-kira seperti itulah perbedaan dari KOL dan Influencer yang mungkin belum Anda ketahui. Sekarang Anda bisa tahu mana yang bisa Anda pilih untuk keperluan brand atau promosi produk atau jasa milik Anda.

Berbicara mengenai Influencer, Anda bisa temukan 900.000+ Influencer se-Asia Tenggara yang sudah dipercaya oleh 3.500+ brand dan pastinya bisa membantu Anda memaksimalkan promosi produk atau jasa Anda melalui Partipost.

Influencer Marketing Platform, Partipost, merupakan platform terbaik untuk Anda yang butuh berbagai nano dan micro influencer terbaik sesuai dengan budget pilihan Anda. Yuk, kunjungi website resmi dari Partipost untuk penuhi kebutuhan brand Anda.

Contact Us
Vanessa