Resources & Guides
Articles

Mimetic Desire, Kunci Kesuksesan Campaign Influencer Marketing

Vanessa
August 5, 2022
Mimetic Desire, Kunci Kesuksesan Campaign Influencer Marketing

Ada banyak alasan mengapa influencer marketing dianggap strategi marketing yang efektif bagi brand. Misalnya:

  1. Rasa percaya tinggi yang dimiliki pelanggan terhadap rekomendasi dari orang sekitar
  2. Tingginya penggunaan media sosial di era ini
  3. Berkurangnya rasa percaya pelanggan terhadap iklan

Baca juga: 10 Statistik tentang Influencer Marketing yang Wajib Diketahui Marketers

Semua alasan tersebut benar, namun dapat ditarik kembali kepada satu konsep dasar yang mendorong efektifnya influencer marketing. Konsep tersebut bernama mimetic desire.

Apa itu mimetic desire?

Mimetic desire berasal dari dua kata yaitu mime atau meniru dan desire atau keinginan. Menurut konsep ini, semua orang memiliki keinginan untuk mengimitasi atau meniru orang lain. Teori mimetic desire menyatakan bahwa orang cenderung melihat kepada role model atau panutan yang dipercaya untuk menyederhanakan proses mencari informasi dan membuat keputusan.

Source: Unsplash

Dengan kata lain, kita sering melihat kepada orang lain untuk memutuskan apakah akan menyukai atau membeli suatu produk.

Lalu apa hubungannya dengan influencer marketing?

Memahami mimetic desire dapat membantu Anda menjalankan influencer marketing secara maksimal. Sebab, saat Anda dapat mengetahui siapa panutan yang dilihat audiens Anda dalam kehidupan sehari-hari mereka, Anda dapat mendorong audiens untuk melakukan pembelian. Para panutan inilah yang cocok menjadi influencer Anda.

Source: Unsplash

Jadi, seperti apa panutan atau influencer yang perlu Anda cari?

  1. Autentik

Seorang influencer yang dapat mempengaruhi keputusan audiensnya adalah seorang yang autentik. Meski sebagian besar kontennya di media sosial memang dibuat dengan tujuan menghasilkan uang, ia tetap menunjukkan diri aslinya sebagai everyday people di media sosial. Carilah influencer yang menyeimbangkan konten untuk brand dengan konten pribadi yang memiliki cerita personal yang khas, influencer yang senang membangun komunikasi dengan audiensnya.

Baca juga: Authenticity, Poin Penting Suksesnya Influencer Marketing

  1. Relevan

Influencer yang autentik secara otomatis akan lebih relevan dengan audiensnya. Sebab, audiens dapat lebih relate dengan mereka selayaknya teman atau kerabat dekat. Sebaliknya, jika influencer Anda bertindak terlalu �??out of touch�?? dengan dunia sekitar, audiens akan sulit melihat kesamaan antara diri mereka dengan sang influencer. Otomatis, mereka tidak akan dengan mudah ingin meniru sang influencer dalam hal kebiasaan, gaya hidup, hingga produk yang digunakan.

  1. Passionate

Influencer yang menginspirasi audiens haruslah passionate di niche mereka. Misalnya, jika Anda ingin mempromosikan produk kesehatan, tentu Anda perlu mencari influencer yang memang passionate dan antusias untuk membagikan tips dan rekomendasi kesehatan dalam kontennya.

Source: Pexels

Influencer yang autentik, relevan, dan passionate akan lebih mudah memasuki mindset audiens Anda dan mendorong mereka untuk membuat keputusan, seperti mengunjungi website Anda atau membeli produk Anda.

Baca juga: 6 Hal yang Berpengaruh Besar Untuk Influencer Marketing Anda

Menjalankan influencer marketing berbasis mimetic desire

  1. Temukan influencer Anda

Carilah influencer yang benar-benar sesuai dengan brand Anda seperti kriteria di atas. Jika Anda mengalami kesulitan, Anda dapat berkonsultasi dengan influencer marketing platform seperti Partipost untuk menemukan influencer untuk campaign Anda.

  1. Utamakan kualitas, bukan kuantitas audiens

Jangan cepat-cepat terpaku pada influencer dengan follower banyak. Pastikan mereka terhubung baik dengan audiens. Audiens yang loyal akan lebih mudah terpengaruh dan terinspirasi oleh influencer.

Baca juga: Jumlah Follower Influencer: Penting atau Tidak? Simak Faktanya!

  1. Jalankan partnership jangka panjang

Kerjasama Anda dengan influencer adalah partnership jangka panjang yang perlu dipertahankan. Seperti halnya strategi marketing lain, influencer marketing memerlukan testing, modifikasi, dan upgrade terus-menerus agar menemukan rumus yang terbaik untuk brand Anda.

Sudah siap jalankan influencer marketing?

Partipost siap membantu! Kami adalah influencer marketing solution dengan 700.000+ influencer di Asia Tenggara serta komunitas nano influencer terbesar di Indonesia. Jalankan campaign Anda dalam satu tempat dengan praktis. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!

Contact Us
Vanessa