Resources & Guides
Articles

User Generated Content, Pengertian dan Manfaatnya bagi Brand

Qisthi
July 8, 2024

UGC (User Generated Content) muncul karena banyaknya konsumen yang mengekspresikan pendapat dan berbagi pengalaman dalam menggunakan suatu produk atau layanan di media sosial. Hal ini pada akhirnya mempengaruhi mempengaruhi keputusan pembelian orang lain yang melihat konten tersebut di media sosial.

Secara sederhana, user generated content adalah konten asli yang dibuat oleh konsumen dan dipublikasikan di media sosial. UGC bisa mendukung strategi pemasaran brand Anda karena konten jenis ini memberikan sudut pandang yang jujur dari pengguna, sehingga calon konsumen akan lebih mempercayai produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Kali ini, Partipost akan membahas pengertian, jenis, dan manfaat user generated content secara mendalam agar brand Anda bisa mulai memanfaatkan jenis konten ini untuk bisa menggaet lebih banyak pelanggan di tengah persaingan yang semakin ketat.

Apa itu User Generated Content?

Source: Freepik


User Generated Content (UGC) merupakan strategi promosi yang memanfaatkan konten-konten yang diciptakan oleh konsumen dan dipublikasi melalui media sosial. Konten ini bisa berupa foto atau video yang menggambarkan pengalaman mereka dalam menggunakan suatu produk atau layanan brand.

Baca juga: Marketing Funnel, Strategi Efektif bagi Bisnis untuk Meningkatkan Penjualan

User generated content bisa didapatkan dari konten review asli yang dibuat oleh konsumen maupun melalui kerja sama dengan content creator. Namun, konten UGC yang dihasilkan dari dua audiens ini akan berbeda. Seorang content creator tentunya memiliki skill dan pengalaman dalam membuat konten, sehingga user generated content yang dibuat akan lebih berkualitas.

User generated content sering kali dianggap lebih autentik dan dapat dipercaya dibandingkan dengan konten yang dibuat oleh brand. Hal ini terjadi karena UGC berasal langsung dari pengalaman dan perspektif konsumen.

Selain itu, riset dari Power Reviews menunjukkan bahwa 86% konsumen setuju jika review konsumen lain sangat berpengaruh terhadap proses keputusan mereka dalam membeli suatu produk. Oleh karena itu, user generated content bisa menjadi salah satu upaya tepat untuk mengembangkan brand Anda sekaligus meningkatkan penjualan. 

Jenis User Generated Content

Source: Freepik

User generated content memiliki beragam jenis yang dapat brand Anda manfaatkan, beberapa jenis konten UGC tersebut antara lain:

1. Review dan testimoni

Melalui konten review yang positif, brand dapat menunjukkan kualitas produk atau layanan secara maksimal, memperkuat loyalitas konsumen, hingga mendapatkan kepercayaan konsumen baru.

Oleh karena itu, user generated content dapat dimanfaatkan sebagai bahan promosi autentik untuk meyakinkan calon konsumen dalam membeli produk atau menggunakan jasa brand Anda. 

2. Foto dan video

Konten foto atau video yang dimaksud adalah konten visual yang menunjukkan penggunaan produk atau layanan brand dalam kehidupan sehari-hari. Jenis user generated content ini dapat memberikan gambaran nyata sekaligus mengenalkan produk dan layanan, sehingga dapat meningkatkan brand awareness.

3. Blog dan artikel

Konten-konten blog membantu brand meningkatkan visibilitas dan kredibilitas dengan memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO).

Jenis user generated content ini bisa membantu brand Anda muncul di halaman pertama search engine, seperti Google dan memudahkan konsumen dalam saat mencari informasi mengenai produk atau layanan brand.

Tertarik mendapatkan penghasilan tambahan dengan jadi content creator? Gabung ke Partipost sekarang juga!

Fungsi User Generated Content bagi Brand

Source: Freepik

1. Sumber engagement di media sosial

User generated content memungkinkan pengguna media sosial untuk berpartisipasi aktif dalam platform atau komunitas tertentu. Konten UGC dapat meningkatkan engagement pengguna karena mereka merasa lebih terlibat secara personal dengan konten yang dibuat atau. 

Misalnya, pengguna media sosial yang berbagi foto, video, atau cerita mengenai pengalaman mereka sering kali mendapatkan lebih banyak interaksi dan tanggapan dari pengguna media sosial.

2. Sumber konten yang beragam dan authentic

User generated content sering kali memiliki bersifat authentic dan tidak dapat dihasilkan oleh konten brand yang dibuat secara profesional. Hal ini karena UGC mencerminkan sudut pandang pribadi dan pengalaman langsung dari berbagai pengguna.

Keberagaman konten UGC ini dapat memperkaya pengalaman pengguna sekaligus menawarkan perspektif yang lebih luas daripada yang dapat ditawarkan oleh konten brand yang dibuat secara profesional.

3. Alat membangun komunitas online

User generated content dapat membentuk dan memperkuat komunitas online. Ketika pengguna media sosial berinteraksi satu sama lain melalui konten yang mereka buat, hal ini akan membangun ikatan sosial dan rasa solidaritas di antara para pengguna.

Komunitas yang kuat sering kali memiliki user retention yang lebih baik dan dapat menjadi sumber pertumbuhan organik bagi brand Anda.

Baca Juga: Unique Selling Point, Apa Itu dan Bagaimana Cara Menentukannya bagi Bisnis?

Manfaat User Generated Content bagi Brand

Source: Freepik

Penggunaan user generated content menawarkan berbagai manfaat yang signifikan bagi brand, di antaranya:

1. Meningkatkan kepercayaan konsumen

User generated content dianggap lebih authentic dan dapat dipercaya jika dibandingkan dengan konten yang dibuat oleh brand.

Di sisi lain, konsumen cenderung mempercayai rekomendasi dari sesama konsumen karena mereka melihat rekomendasi tersebut sebagai bukti dari pengalaman nyata (tidak memiliki unsur iklan).

Oleh karena itu, kepercayaan yang terbangun ini perlahan-lahan akan membangun loyalitas konsumen terhadap brand Anda.

2. Menghemat budget pemasaran

Memanfaatkan user generated content dapat mengurangi biaya yang brand Anda keluarkan untuk pemasaran.

Dengan memanfaatkan konten UGC, brand tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk menghasilkan konten-konten promosi berkualitas tinggi karena konsumen telah melakukannya secara sukarela.

Selain itu, konten UGC yang digunakan untuk memasarkan produk juga terkesan lebih personal, sehingga audiens akan lebih mempercayai konten tersebut.

3. Meningkatkan brand awareness

User generated content yang dibagikan di berbagai platform media sosial dapat meningkatkan brand awareness. Sebagai contoh, konten UGC yang berisikan pengalaman pribadi cenderung mendapatkan lebih banyak perhatian dan interaksi, terutama jika audiens merasa relate dengan pengalaman tersebut.

Semakin banyak audiens yang melihat dan berinteraksi dengan konten tersebut, semakin besar kesempatan brand dikenal oleh banyak orang dan mendapatkan konsumen baru.

Kesimpulannya, user generated content tidak hanya membantu brand menciptakan hubungan yang lebih kuat dengan konsumen, tetapi juga dapat memberikan dampak signifikan pada penjualan serta loyalitas pelanggan secara berkelanjutan.

Untuk mendapatkan konten UGC yang authentic dan berkualitas dari content creator handal, brand dapat bekerja sama dengan platform influencer marketing, seperti Partipost.

Tidak hanya membantu Anda menemukan dan menjalin kolaborasi dengan content creator yang tepat, Partipost juga mempermudah pengelolaan dan analisis campaign UGC Anda dalam satu centralized dashboard.

Yuk, mulai kolaborasi dengan Partipost sekarang dan rasakan manfaat dari user generated content!

Qisthi